10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui

10 Fitur Tersembunyi WhatsApp

10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui – Siapa sangka, aplikasi pesan instan WhatsApp ternyata memiliki beberapa fitur tersembunyi. Meski disebut tersembunyi, fitur ini sebenarnya bisa diakses oleh siapa saja asalkan tahu caranya. Pengguna dapat menggunakannya untuk memudahkan berbagai hal mulai dari menjaga privasi, mengurangi penggunaan data, hingga menyimpan percakapan dalam bentuk teks.

Pembaruan: Fitur terbaru WhatsApp, panggilan video. Read More Berikut sepuluh fitur tersembunyi WhatsApp yang dirangkum KompasTekno dari berbagai sumber.

10 Fitur Tersembunyi WhatsApp

1. Menyembunyikan “Last Seen”

WhatsApp memungkinkan pengguna untuk melihat terakhir kali satu sama lain secara online. Namun, jika ini dianggap sebagai pelanggaran privasi, Anda dapat menyembunyikan tanda ‘terakhir terlihat’. Untuk melakukannya, pilih menu Pengaturan lalu pilih tab Akun & Privasi. Anda akan menemukan bilah yang mengatakan “Terakhir terlihat”.

Pilih tab, lalu opsi lain akan muncul di pop-up. Anda hanya perlu memilih Semua orang agar semua orang dapat melihat “Terakhir terlihat”, pilih Kontak Saya agar hanya orang yang ada di buku kontak yang dapat melihatnya, atau pilih Tidak Ada agar tidak ada orang lain yang dapat melihat informasinya.

2. Cadangkan Panggilan

Anda dapat mencadangkan data panggilan sehingga saat Anda berpindah ponsel, semua panggilan lama dapat dipulihkan. Ini juga mudah. Di menu pengaturan atau Pengaturan, cari tab yang bertuliskan Obrolan dan Cadangan Obrolan.

Ini berisi pengaturan untuk menyimpan cadangan data panggilan di Google Drive. Cukup masukkan akun Gmail Anda dan atur aplikasi untuk membuat cadangan secara otomatis dalam waktu yang ditentukan. Kemudian semuanya berjalan secara otomatis

3. Menyimpan percakapan dalam bentuk teks

Pengguna WhatsApp dapat menyimpan berbagai percakapan mereka dalam bentuk teks. Ini berguna jika Anda adalah orang yang rapi dan suka menyimpan catatan percakapan. Untuk melakukannya, buka tab obrolan yang ingin Anda simpan dalam bentuk teks.

Ketuk tiga titik di kanan atas, buka bilah Lainnya dan ketuk opsi Obrolan Email. Anda kemudian dapat memilih apakah akan menyertakan media yang berbeda dalam percakapan atau hanya teks. Setelah memilih akan muncul email untuk mengirim percakapan.

4. Blokir kontak

Apakah Anda sering menerima pesan spam dari orang yang tidak dikenal? Blokir saja. WhatsApp memang menawarkan fitur-fitur ini dan mudah diakses. Caranya, buka percakapan dengan target orang. Ketuk menu tiga titik di kanan atas dan pilih tab Lainnya. Anda akan menemukan opsi Blokir di antara menu-menu yang muncul. Sentuh dan pemblokiran selesai.

5. Menghentikan pengunduhan otomatis

Biasanya, berbagai foto dan media yang dikirim melalui WhatsApp diunduh secara otomatis. Hal ini mengakibatkan konsumsi daya yang cukup besar, serta konsumsi paket data. Anda dapat mengubah pengaturan agar semua media yang diterima nomor WhatsApp Anda tidak terdownload secara otomatis.

Untuk melakukan ini, buka menu Pengaturan dan pilih Penggunaan data. Di dalamnya ada tab yang bertuliskan Media Auto Download yang berisi pengaturan untuk pengunduhan otomatis. Ada tiga tab yaitu Saat menggunakan data seluler, Saat terhubung melalui WiFi atau Saat roaming. Pada setiap tab, Anda dapat memilih media mana yang diunduh secara otomatis atau tidak sama sekali.

6. Asterisk

Anda bisa memberi tanda asterisk pada setiap percakapan di WhatsApp. Tag ini berguna untuk merekam informasi penting, seperti alamat rumah atau nomor telepon. Untuk melakukannya, pilih pesan yang ingin Anda tandai, ketuk dan tahan selama beberapa detik. Tanda bintang akan muncul di header WhatsApp, tepat di sebelah ikon “hapus”.

Pilih tanda bintang. Untuk melihat postingan yang berkilau bintangnya, Anda cukup menyentuh menu tiga titik di pojok kanan atas. Kemudian pilih tab yang bertuliskan “Pesan Berbintang”.

7. Menyembunyikan tanda baca

Setiap pesan yang dikirim dan dibaca ditandai dengan tanda centang biru. Jika Anda tidak ingin orang lain mengetahui apakah pesan telah dibaca atau belum, Anda dapat mengubahnya. Buka menu Pengaturan dan kemudian ke Akun & Privasi.

Di dalam, Anda akan menemukan tab di bagian bawah yang bertuliskan Read Receipts. Hapus centang pada bilah untuk menonaktifkannya.

8. WhatsApp Bold & Italic

kini dapat menampilkan huruf dalam format bold, italic dan strikethrough. Anda dapat melakukannya dengan memasukkan karakter khusus sebelum dan sesudah kata yang ingin Anda format.

Untuk membuatnya tebal, gunakan tanda bintang (*) di antara *kata yang Anda inginkan*. Jika ingin dicetak miring, gunakan garis bawah (_) di antara _kata yang diinginkan_, dan jika ingin mencoret kalimat bersambungan, gunakan karakter ~ di antara ~kata~ yang diinginkan

9. Poke teman di grup WhatsApp,

yang memiliki fungsi untuk memanggil atau “mencolek” teman di grup bicara. Dengan fitur ini, pengguna yang tergabung dalam grup dijamin lebih waspada saat terdaftar. Pasalnya, fitur ini tetap memaksa sistem untuk mengeluarkan suara notifikasi saat pengguna dipanggil meskipun grup bicara dibuat dalam mode senyap (mute). Jika pengguna sebelumnya membisukan grup, sistem tidak akan memberikan suara notifikasi.

Sehingga pengguna sering tidak menyadari bahwa mereka sedang disapa di grup WhatsApp. Fungsi mention dapat digunakan dengan menambahkan atau menekan karakter “@” (tanpa tanda kutip). Setelah mengetik simbol “@” di kolom percakapan, daftar nama kontak dalam grup akan muncul. Pengguna dapat mengetikkan nama kontak yang diinginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang ditampilkan oleh WhatsApp.

10. Membalas pesan yang tenggelam

dalam grup Untuk mengutip dan membalas pesan dalam grup, tekan lama pesan tersebut. Antarmuka WhatsApp akan menampilkan beberapa ikon untuk beraksi. Salah satunya, di paling kiri, memiliki ikon panah.

Anda hanya perlu menekannya sekali dan WhatsApp akan secara otomatis mengutip pesan yang ingin Anda balas. Kirim pesan setelah menulis komentar. Anggota grup akan memahami bahwa Anda menjawab obrolan tertentu oleh satu orang.

grahainspirasi.id

prestigecars.id

ristiagroup.co.id

gb whatsapp

Rate this post

Tips Mudah! Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Tips Mudah! Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark – Sebenarnya ada banyak cara untuk mendownload video TikTok tanpa watermark salah satunya dengan menggunakan telegram,...
ptpn3
1 min read