Cara Mudah Merawat Motor 2-Tak Agar Tetap Sehat dan Kencang

Meski telah melewati era keemasannya, motor 2-tak tetap diminati, karena banyak yang ingin bernostalgia dengan motor tua ini. Selain itu, motor 2-tak juga menampilkan kesan klasik yang jarang dimiliki oleh motor keluaran terbaru.

Meski begitu, kendaraan yang mesinnya membutuhkan oli ekstra ini harus dirawat agar kondisinya tetap sehat dan awet untuk digunakan. Sebab, motor 2-tak yang tidak terawat dengan baik memiliki tarikan yang berat dan suara yang khas.

Lantas, sebenarnya bagaimana cara merawat motor 2-tak? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk!

1. Rutin Bersihkan Knalpot dan Saringan

Motor 2-tak mengeluarkan asap yang cenderung banyak dibandingkan dengan motor 4-tak. Karenanya, kotoran dari asap knalpot motor 2-tak lebih cepat mengendap.

Sementara saringan knalpot fungsinya adalah untuk menjaga filter yang menyaring asap knalpot. Komponen yang satu ini harus dibersihkan secara rutin agar terhindar dari berbagai kerusakan.

2. Rutin Periksa Busi

Busi motor 2-tak merupakan salah satu komponen yang penting. Proses penumpukan kotoran pada busi motor tua ini lebih tinggi dibandingkan dengan motor keluaran terbaru, sehingga harus lebih sering dibersihkan.

Mengabaikan perawatan busi bisa mengakibatkan motor mudah mogok lantaran proses pengapian tidak berjalan dengan baik.

3. Bersihkan Karburator

Kebersihan karburator juga sangat penting karena kotoran di dalamnya bisa langsung masuk ke ruang bakar. Jika dibiarkan dalam waktu lama, kotoran tersebut bisa membuat piston baret. Untuk menghindarinya, sering-seringlah membongkar karburator dan membersihkannya.

4. Selalu Cek Oli Samping

Motor 2-tak memerlukan 2 jenis oli pada mesinnya, yakni oli mesin dan oli samping. Oli samping motor 2-tak harus selalu diisi agar dapat berjalan dengan baik. Motor 2-tak yang kehabisan oli bisa dilihat dari asap yang keluar dari knalpot.

Semakin sedikit dan menghilang asapnya, maka oli samping sudah waktunya untuk diisi ulang agar mesin tidak rusak. Selain itu, sebaiknya gunakan oli samping yang baik dan sesuai dengan motor Anda.

5. Isi Bahan Bakar Tepat Waktu

Jika bahan bakar pada motor 2-tak dibiarkan sampai kering, maka akan sulit dinyalakan lagi meski Anda sudah mengisinya. Untuk menghindarinya, sangat penting untuk mengisi bahan bakar tepat waktu agar motor tidak sulit dinyatakan.

Itulah penjelasan tentang cara merawat motor 2-tak agar tetap sehat dan kencang. Bagaimana, apakah kamu salah satu penggemar motor tua ini?

Baca Selengkapnya Pada : Psobctbk.co.id

Rate this post