Penggunaan WhatsApp Mod atau “WA GB” Ramai di Medsos, Apa Dampaknya?

Penggunaan WhatsApp Mod atau "WA GB" Ramai di Medsos, Apa Dampaknya?
Penggunaan WhatsApp Mod atau "WA GB" Ramai di Medsos, Apa Dampaknya?

Sebuah cuitan berisi informasi tentang WhatsApp versi modifikasi atau disebut “WA GB” menjadi viral di media sosial, Senin (1/2/2021). Dikatakan bahwa mod WhatsApp cenderung mengganggu privasi pengguna WhatsApp lainnya. Awalnya, kabar mengenai mod WhatsApp yang mengganggu itu diunggah oleh akun Twitter utama @subtanyarl. adminsubtanyarl menulis: “Pertanyaan saya di tiktok memberi tahu saya tentang bahaya WA GB, memberi tahu saya tentang privasi, tetapi malah diserang oleh pengguna wa gb:”) berkata secara fisik, mencantumkan nama saya di atasnya, saya bersumpah mengapa, tulis adminsubtanyarl.

Lalu, unggahan tersebut dikomentari oleh warga yang merasa privasinya terganggu saat berkomunikasi dengan pengguna WhatsApp.

mod” , Baik? Saya kaget karena saya menyembunyikan teman sekelas dan kemudian tiba-tiba menolak permintaan status, “tweeted @aim_onlyhuman_ tweeted.

” WA GB jelas melanggar privasi Sebenarnya, terus terang teman saya menggunakan WA GB, katanya jika kita membuat status , kami akan menghapusnya lagi dan tidak Mereka hilang meskipun hilang selama 24 jam, meskipun stts WA kami dihapus! Kemudian lagi jika kita menghapus pesan karena pesan tersebut. bagaimana?? Bukankah ini melanggar hak kita yang menggunakan WA biasa?? Jujur, saya sangat kesal dengan orang yang menggunakan WA GB!! “Akun Twitter @yeoll1992 aja.retweet

Sampai saat ini, tweet tersebut telah di-sebanyak 1.860 kali dan telah disukai lebih dari 21.800 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Jadi, Apa Itu Mod WhatsApp Dan Apakah Tidak Ada Pengaruhnya Saat Menggunakannya?

” ujar digital security coach Yerry Niko Borang, WhatsApp Mod atau WA GB adalah aplikasi di luar aplikasi resmi yang memberikan fitur tambahan dan dapat digunakan.” Ada banyak mod WhatsApp. Yeri mengatakan saat dihubungi ptpn3.id, Rabu (3/2/2021), ada yang menawarkan fitur pengiriman foto dan video dalam kualitas HD, yakni tidak dikompresi seperti di aplikasi WhatsApp resmi. Mod tidak diperoleh berdasarkan unduhan di PlayStore, seperti mengunduh aplikasi resmi pada umumnya. “Jadi harus mencari atau mendownload file APK (terutama Android) di Internet,” lanjutnya.

Yeri menjelaskan, sejauh ini perbedaan antara WhatsApp mod dan WhatsApp resmi hanya terletak pada fitur tambahannya. Dari segi keamanan, tentu saja WhatsApp mod menjadi perhatian. Sebab, karena aplikasi ini tidak resmi, maka ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, WhatsApp tidak bisa melindungi atau bertanggung jawab.”Ini adalah praktik yang tidak aman, karena menggunakan aplikasi tidak resmi sebenarnya sangat berbahaya dan tidak disarankan,” kata Yeri.

“Dan hampir semua aplikasi ini gratis, jadi kami membayarnya dengan data kami,” lanjutnya. Artinya, dengan menggunakan WhatsApp mod, berarti pengguna telah diberikan hak akses eksklusif ke aplikasi seperti menyerahkan diri. Alhasil, data kata sandi, nomor, dan semua data unik di WhatsApp diserahkan oleh pengguna.

Menurut Yerry, prosedur ini umumnya dilakukan dalam perjanjian penggunaan bahasa Inggris dan membaca End User Agreement (EUA). Dia melanjutkan, “Karena kami biasanya menekan ‘OK’ sehingga kami dapat langsung menggunakannya. Kami biasanya memberikan semua data unik secara resmi ke aplikasi.” Sementara itu, Yeri mengatakan ada orang yang ingin menggunakan WhatsApp mods yang cenderung berpikir “Ah, saya tidak punya data rahasia”.

Dia menjelaskan bahwa anggota mod WhatsApp sedang mencari data ini dari bermil-mil jutaan orang. Tetapi, tentu saja, data pribadi yang unik juga dikumpulkan dan kami tidak tahu bahwa informasi tersebut akan terjadi. “Bayangkan jika foto sensitif kami muncul 20 tahun dari sekarang ketika seseorang mencalonkan diri sebagai pejabat pemerintah, itu juga bisa menjadi ancaman,” kata Yerey.

Alternatif Lain

mengingat keamanan data dan fitur tambahan, Yeri menyarankan masyarakat untuk menggunakan aplikasi resmi seperti WhatsApp Business yang merupakan pengaturan default dari aplikasi resmi WhatsApp. Selain itu, masyarakat juga dapat mengikuti program WhatsApp Beta. Diketahui, untuk menggunakan software WhatsApp Beta, calon pengguna harus mendaftar langsung melalui PlayStore. Kemudian, pengguna akan diberikan kesempatan untuk mencoba dan menjajal fitur-fitur terbaru WhatsApp beta.

Baca Juga Berita Lainnya :

bubays.id
restodepot.id
skyroam.id
thegreenforestresort.co.id
pondband.net
lpmplampung.id
media-n.id

Rate this post

Cara Cek Spesifikasi laptop

ptpn3
3 min read

Cara Mematikan Getar Keyboard Xiaomi Semua Tipe

Apakah Anda salah satu pengguna aktif ponsel Xiaomi? Jika ya, maka Anda pasti tahu perasaan saat mengetik di keyboard Xiaomi bergetar dan berbunyi. Beberapa...
Ami Joko Bodo, S. Kom
1 min read

Cara Daftar TM Simpati

ptpn3
2 min read