Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Apa yang harus dilakukan jika kita kehilangan data atau file penting di smartphone kita? Tentu saja, saat data berharga seperti foto hilang dari smartphone, banyak orang yang panik. Kami akan menunjukkan cara menyimpan data yang baik.

Memulihkan file yang terhapus di Android tidaklah mudah meskipun banyak janji yang dibuat oleh produsen di Google Play. Jika Anda ingin tahu apa yang dapat dilakukannya dan bagaimana mendapatkannya kembali, Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Pertama-tama, Anda harus mencadangkan perangkat Android Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data dari tempat-tempat penting.
Apa yang bisa dan tidak bisa diselamatkan?

Pemulihan data di Android bukanlah topik yang menyenangkan. Di satu sisi, tidak ada “recycle bin” secara default sebagai stasiun perantara untuk penghapusan akhir, seperti yang diketahui dari Windows atau Linux, data yang terhapus secara tidak sengaja sebenarnya langsung terhapus. Di sisi lain, pemulihan data yang andal pada dasarnya hanya dimungkinkan pada perangkat dengan akses root.

Perangkat yang tidak di-root sangat terbatas kemampuannya untuk menyimpan data, karena aplikasi yang tersedia menemukan file di folder daripada memulihkannya. Ini biasanya menyebabkan Anda memiliki versi pratinjau foto, file cache, atau disimpan di folder yang salah. Tapi mungkin itu sudah cukup. Varian ini tersedia secara gratis, jadi ini adalah percobaan pertama yang bagus. Ini hanya terlihat bagus untuk Anda jika Anda menggunakan kartu SD dan belum memformatnya sebagai “penyimpanan internal”. Kemudian Anda dapat dengan mudah bekerja dengan freeware Windows yang bagus.

Catatan cepat: semakin sering Anda menggunakan ponsel cerdas setelah menghapus data, semakin besar kemungkinan ponsel akan ditimpa secara permanen dan hilang selamanya. Oleh karena itu, alat penyelamat biasanya hanya berjalan di PC.
Pulihkan data pada kartu SD

Jika Anda beruntung dan kartu SD masih berfungsi, yang Anda butuhkan hanyalah pembaca kartu di komputer Anda dan freeware Recuva.

Keluarkan kartu dari smartphone dan masukkan ke komputer/pembaca kartu.
Mulai Recuva: Alat dimulai dengan wizard terpandu, yang diakhiri dengan tombol "Batal".
Pilih kartu SD sebagai drive yang diinginkan di kiri atas dan mulai proses pemindaian melalui "Pindai".
Jika memori besar, pencarian memakan waktu lama, maka Anda mendapatkan daftar semua file yang ditemukan, thumbnail jika perlu dan informasi apakah dapat dipulihkan atau tidak. Tempatkan tanda centang di sebelah setiap file yang ingin Anda simpan.
Klik "Pulihkan" untuk mulai memulihkan.

Jika Anda tidak dapat menemukan data yang Anda cari, periksa di bawah Opsi/Tindakan untuk memastikan Pemindaian dicentang.
Pulihkan data tanpa akses root

Tanpa akses root dan tanpa kartu SD, tidak ada pemulihan data nyata dan itu juga berarti smartphone dapat digunakan secara diam-diam. Hanya data yang benar-benar harus dihapus dapat ditimpa oleh penggunaan dan dengan demikian dihapus secara permanen. Ini lebih tentang file “tersembunyi” di kedalaman struktur folder Android. Sayangnya, di bagian ini Anda hanya akan menemukan gambar dan video serta banyak aplikasi yang meragukan. EasUS dengan MobiSaver, yang dikenal dengan perangkat lunak sistem Windows-nya, menawarkan aplikasi yang layak.

Instal MobiSaver dari Google Play dan luncurkan aplikasi.
Pilih bagian Penyelamatan Foto & Video (bagian lain memerlukan akses root).
Pilih semua file yang ingin Anda pulihkan dan ketuk tombol "Simpan/Selamatkan".
Untuk melihat gambar, ketuk ikon mata.

Bahkan dengan metode ini, Anda tidak akan menemukan sepenuhnya. MoviSaver hanya menyimpan format JPG dan MP4 secara gratis. Di sini Anda juga akan menemukan gambar pratinjau, bukan gambar dengan kualitas asli.
Pulihkan dengan akses root

Jika perangkat Anda di-root, Anda dapat membuatnya mudah dan memilih salah satu dari beberapa program pemulihan, mis. Misalnya, MobiSaver versi Windows, yang berjalan dalam tiga langkah yang sama dengan program lain jenis ini, apa pun platformnya. Anda memulai proses pemindaian, menggunakan pratinjau untuk memilih dari file yang ditemukan dan akhirnya memulihkannya, yaitu memulihkannya. H. simpan ke disk apa pun.

Sumber :

Rate this post